Agung’s Blog

Just another WordPress.com weblog

SILAT

Pendahuluan
Terdapat berbagai macam beladiri yang ada di Indonesia. Baik beladiri asli Indonesia maupun beladiri yang berasal dari luar/import. Sebagai bangsa yang besar, sepatutnya kita mempelajari beladiri asli bangsa Indonesia, sebab, menciptakan mobil ataupun motor belum sanggup. Masa beladiri pun kita mesti impor juga?
Sepatutnya kita menggunakan apa yang menjadi ciptaan asli bangsa ini.
Adalah SILAT salah salah satu seni beladiri asli bangsa ini. Selain efektifnya teknik yang ada di dalamnya, juga mengandung nilai-nilai budaya asli bangsa yang sangat luhur, sepatutnya dipelajari oleh seluruh rakyat Indonesia.
Di dalam Silat itu sendiri, terdapat berbagai macam aliran. Aliran-aliran tersebut memiliki karakteristik, jurus, dan filosofi yang berbeda dan merepresentasikan sifat/karakter penduduk dimana silat tersebut lahir.
Seperti aliran maenpo cikalong yang lahir di Cianjur, memiliki karakter yang halus, merupakan representasi budaya/kepribadian masyarakat disana yang memang halus/lembut. Namun, dengan kehalusan tersebut, bukan berarti aliran ini lemah. Seperti orang ramah, bukan berarti orang tersebut takut bukan?
Seperti itulah cikalong, meskipun terlihat lembut, namun bisa mematikan, tergantung kehendak sang pengguna aliran tersebut. Namun pada dasarnya, arti “lembut” disini yaitu aliran ini tidak menentang tenaga/serangan yang datang, namun diikuti, yang selanjutnya dimanipulasi. Sedangkan aliran lain yang “kasar/keras” secara terang-terangan menentang tenaga/serangan yang datang.

Agustus 6, 2012 - Posted by | Hobi, Uncategorized | , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: